Minggu, 15 Maret 2009

Arti Sebuah Waktu

Terkadang dibalik kesusahan ada kemudahan, dibalik suatu penyakit pasti ada harapan untuk sembuh, dan diantara semua peristiwa maupun masalah yang kita hadapi, pasti ada semburat hikmah yang dapat kita petik dan pelajari.

Ya, hal itu berlaku universal, tidak terkecuali saya. Ketika keterbatasan membuat saya terpaku dan tidak dapat berbuat banyak untuk mewarnai hari-hari saya. Saya mencoba untuk melepas semua paradigma tersebut, paradigma yang membuat saya tersesat dan mengekang ekspresi dan potensi saya. Dengan keterbatasan saya mencoba untuk menggapai langit kesuksesan. Dengan filosofi yang coba saya tanamkan, “ janganlah sekali-kali kamu menyia-nyiakan waktu, karena sekali-kali kamu akan disia-siakan oleh waktu”. Filosofi sederhana tapi mengandung banyak makna, ya disitulah letak dari roh tujuan manusia. Hal ini juga disebutkan Allah swt, dalam firmannya bahwa “demi masa sesungguhnya manusia merugi…”.

Firman ini mengisyaratkan bahwasannya manusia tidak bisa memaksimalkan pengguaan waktu untuk kepentingan dunia dan akhiratnya. Manusia disibukkan dengan aktivitas yang bersifat sia-sia, santai dan tidak dapat menggunakan waktu dengan baik dan maksimal. Hal ini perlu kita koreksi dan perbaiki, jangan sampai waktu yang telah di sediakan terbuang percuma dan tidak ada manfaat.

Untuk memaksimalkan penggunaan waktu untuk kehidupan dunia dan bekal diakhirat, diperlukan suatu planning (perencanaan). Dengan perencanaan waktu dapat kita set dan atur sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dari rencana yang bersifat sepele sampai hal penting, dan dalam jangka waktu sementara sampai dalam jangka waktu yang panjang.

Ada beberapa manfaat dalam mengatur waktu, atau dalam istilah ekonominya manajemen waktu. Yaitu :
• Memudahkan kita untuk beraktifitas dan menjalani setiap rutinitas yang terkadang ada hal yang perlu kita lakukan.
• Memudahkan kita dalam mengingat dan menentukan setiap perioritas aktifitas yang akan kita jalani.
• Memaksimalkan penggunaan waktu dan memudahkan dalam setiap aktifitas.
• Dan banyak lagi manfaat yang dapat kita ambil dalam mengatur waktu kita.


“Jangan Sekali-kali Kamu Menyia-nyiakan waktu, karena Sekali-kali Kamu Akan disia-siakan oleh Waku”

Seja o primeiro a comentar

Apa perbedaan antara hambatan dan kesempatan? Perbedaannya terletak pada sikap ita dalam memandangnya. Selalu ada kesulitan dalam setiap kesempatan: dan selalu ada kesempatan dalam setiap kesulitan.(J. Sidlow Baxter)

Fauzi Blog's © 2008 Template by Dicas Blogger.

TOPO